Tuesday 10 September 2013

pengertian protozoa

Posted by Unknown at 06:56
Protozoa adalah  sekelompok organisme yang bersel satu, jumlahnya kurang lebih 50.000 species yang telah diidentifikasi dan 20.000 species yang berupa fosil. Ribuan spesies dideskripsikan sebagai organisme yang bebas sedangkan lainnya hidup secara parasit pada hewan lain.
Protozoa hidup di lingkungan yang basah, misalnya dalam air baik tawar, maupun air bergaram atau dalam tanah yang basah sampai kedalaman kurang lebih 20 cm, dalam tubuh manusia atau hewan tingkat tinggi lainnya yang bercairan, atau di semua tempat di mana saja. Jumlah hewan protozoa dalam suatu tempat sering sangat menakjubkan, misalnya dalam suatu kolam dapat mencapai jutaan hewan, bahkan milyaran. Alat gerak protozoa bermacam-macam dari yang sederhana berupa pseudopodia sampai flagella dan silia. Pseudopodia selalu dibentuk dari ektoplasma, walaupun endoplasma akan mengikutinya dan pada tubuh protozoa akan dijumpai plastida dan benda-benda sejenisnya, misalnya khromatofora, piroid, stigmata, pigmen dan alat-alat simbiotik.
            Hewan paling sederhana di dunia ini adalah protozoa. Disebut paling sederhana karena hewan tersebut hanya terdiri dari satu sel dan biasanya berukuran mikroskopis antara 5-5.000 mikron, rata-rata antara 30-300 mikron (Sugiarji, 2005: 26).
            Protozoa berasal dari bahasa yunani, yaitu protos yang artinya pertama dan zoon yang artinya hewan. Protozoa merupakan hewan bersifat uniseluler, dimana setiap satu sel protozoa merupakan keseluruhan dari organisme itu sendiri. Protoplasma dari protozoa dapat mengadakan modifikasi-modifikasi atau penonjolan-penonjolan yang dapat bersifat sementara atau tetap (Hartati, 2009: 17).
            Protozoa merupakan sekelompok makhluk yang bersel tunggal, yang heterogen, meliputi kurang lebih 50.000 species yang telah diberi nama, dan 20.000 species yang telah berupa fosil. Ribuan species telah berhasil dideskripsikan sebagai makhluk yang hidup bebas dan sebagian lainnya hidup secara parasit pada hewan lain, terutama hewan tingkat tinggi. Jumlah hewan protozoa dalam suatu tempat sering sangat menakjubkan, misalnya dalam suatu kolam dapat mencapai jutaan hewan, bahkan milyaran (Maskoeri, 1984: 31).
 

Rainbow's Day Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting