Tuesday 10 September 2013

pengertian ilmu biologi

Posted by Unknown at 06:21
lmu biologi dirintis oleh ilmuan berkebangsaan yunani, yaitu aristoteles, beliau adalah perintis ilmu biologi yang sangat hebat. kehebatanya bukan hanya ada pada ilmu biologi saja bahkan sampai pada ilmu filsafat sehinga beliau juga dikenal sebagai pemikir. ilmu biologi sendiri kalau kita cermati berasal dari 2 kata, yaitu kata bios dan logos. bios sendiri memiliki arti hidup, sedangkan logos memiliki arti lambang atau ilmu.ada juga yang berpendapat bahwa kata biologi itu berasal dari bahsa belanda yakni berasal dari kata biologie. jadi, secara bahasa ilmu biologi berarti ilmu yang mempelajari benda-benda hidup atau dg kata lain ilmu yang mempelajari mahluk hidup. ilmu biologi sangat berguna sekali bagi kehidupan manusia. biologi banyak dipergunakan dalam bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kedokteran dan masih banyak yang lainya.

objek ilmu biologi sangat luas sekali, mencakup banyak hal,yaitu mencakup semua mahluk hidup dan segala aspek kehidupanya. dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan ilmu biologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan semua mahluk hidup dan segala aspek kehidupanya.
dalam dunia arab ilmu biologi dikenal dengan nama ilmu hayat, yang kalau diterjemah kedalam bahasa indonesia berarti ilmu kehidupan.
ilmu biologi mempelajari ciri-ciri fisik tubuh mahluk hidup yang dipresentatifkan dalam kajian anatomi tubuh dan morfologi tubuh. sedangkan fungsinya dipelajari dalam kajian fisiologi.

 

Rainbow's Day Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting